INILAH PEMAIN MUDA TERBAIK TIMNAS INDONESIA, DIA ADALAH HANSAMU YAMA

Sport – AFF Suzuki Cup jadi pengalaman yang akan dirasa luar biasa oleh Hansamu Yama. Dia mengawali sebagai tertuduh, namun kini dielu-elukan sebagai pahlawan.

Piala AFF bahkan belum dimulai saat Hansamu sudah dapat banyak cercaan dan serangan dari banyak suporter tim nasional Indonesia. Sebabnya adalah sebuah insiden yang terjadi pada sesi latihan yang digelar saat timnas tengah intensif menggelar persiapan menuju Piala AFF 2016. Insiden yang mengakibatkan Irfan Bachdim cedera dan kemudian dipastikan absen di ajang tersebut.

Hansamu Yama disebut-sebut bertanggung jawab atas cedera tersebut, lantaran tekel yang dia lakukan mengakibatkan Irfan cedera. Meski Irfan Bachdim sudah meminta suporter tidak melampiaskan amarah pada bek muda (21 tahun) itu, tetap saja serangan datang padanya.

Hansamu bukan pilihan pertama Alfred Riedl sebagai pusat pertahanan Indonesia pada laga pembuka dengan Thailand, di mana ketika itu duet bek tengah diisi oleh Yanto Basna dan Fachrudin Aryanto. Komposisi yang sama terus dipertahankan saat bermain imbang dengan Filipina dan menang atas Singapura.

Riedl baru melakukan perubahan di posisi bek tengah ketika memasuki fase semifinal. Itupun karena dia tak punya pilihan lain setelah Fachrudin Aryanto dan Rudolf Yanto Basna terkena akumulasi kartu. Ketika menjamu Vietnam di Stadion Pakansari, Riedl memasang Hansamu dan Manahati Lestusen sebagai duo bek tengah.

‘Pasangan dadakan’ itu ternyata tampil solid dan mengantar Indonesia meraih kemenangan tipis 2-1. Hansamu malah menjadi salah satu pencetak gol saat tandukannya menyambar umpan tendangan sudut membuka keunggulan skuat merah putih. Nama Hansamu yang sebelumnya banyak dicerca mulai dielu-elukan.

Demikan yang dapat saya bagikan unutk anda para penggemar sepak bola di tanah air dan semoga Timnas Indonesia dapat menjuarai AFF SUZUKI CUP 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *